Baru Tahu, Ternyata Tuban Punya Ini

Baru Tahu, Ternyata Tuban Punya Ini
Iklan Bawaslu Tuban

leh: Nas

Tuban adalah Kabupaten yang terletak di pesisir pantai utara. Kabupaten perbatasan antara propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Saya tidak perlu memprofilkan panjang lebar, karena adanya guncangan virtual perpatungan kemarin cukup membuat Tuban menjadi terkenal di jagad raya.

Bacaan Lainnya

Meski kota dalam satu propinsi, kota-kota di Jawa Timur memiliki gaya khas berbicara, celetukan, maupun umpatan. Tuban pun demikian, memiliki kata-kata atau kalimat khas. Inilah beberapa kata khas Tuban yang kerap kali di ucapkan.

Piye leh

Piye dalam bahasa indonesia adalah gimana, leh adalah tambahan kata yang kerap diucapkan masyarakat Tuban.

Luekoh

Sebenarnya kata luekoh berasal dari kata lekoh yang artinya Puas. Mengapa jadi luekoh?. Begini, di Tuban maupun kota sekitarnya sangat sederhana menyimbolkan sebuah arti. Hanya tambahan U memiliki arti yang berbeda. U dalam kata luekoh memiliki arti lebih, yang artinya sangat puas. Sama halnya kata “besar”, kalau ingin mengatakan “sangat besar” kalimat yang diucapkan adalah guede.

Em

Em adalah kata yang menunjukkan kepemilikan. Misalkan kalimat “kepalamu”, di Tuban menjadi “ndasem”.

Mbadaki

Jika kita perhatikan, saat ada orang berkata “Mbadaki cah kae”, bisa dipastikan 99% itu orang Tuban. Kata lain “Mbadaki”adalah tidak peduli atau cuek.

Cah

Kata Cah ini biasanya sebutan atau kata ganti untuk anak-remaja. Seperti kalimat “Cah kae dapurane koyo telo”.

Patakem

Mungkin kita sering dengar umpatan-umpatan yang familiar, seperti Jan*ok, An*ing, Jangkrik dan sebutan hewan-hewan lainnya. Tapi, di Tuban ada kata PatakemPatak adalah sebutan lain dari kepala. Biasanya, untuk menunjukkan kekesalan anak muda, mereka mengumpat “Ooo Patakem krowak”, artinya kepalamu bolong. Tapi ungkapan itu tidak selalu sebagai simbol kekesalan, melainkan menunjukkan keakraban.

Mbadog

Kedengarannya geli mendengar kata itu, karena mbadog adalah kata-kata kasar jika diucapkan untuk orang yang lebih tua. Tapi ucapan mbadog ini juga bisa sebagai ungkapan keakraban antar teman. Seperti kalimat “bocah kok senengane mbadog ae”, artinya Anak kok sukanya makan terus.

Itulah beberapa kata-kata khas yang sering diucapkan orang Tuban. Sekedar informasi buat agan-agan untuk mengenal orang Tuban, agar tidak kaget kalau mendengar kata-kata tersebut.

Sebenarnya masih banyak kata-kata khas Tuban selain di atas. Jika dipaparkan semua, mungkin pembaca akan mbeliyeng. Hafalin yaaaa.

Pos terkait