Gerenasi Milenial Aspek Penting Untuk Merubah Tatanan Sosial

Gerenasi Milenial Aspek Penting Untuk Merubah Tatanan Sosial
Iklan Bawaslu Tuban

Tubanliterasi.or.id – Generasi milenial sebagai representasi masa depan peradaban manusia. Mereka harus bisa memberikan nilai lebih terhadap tatanan masyarakat. Khususnya dalam bidang kemajuan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Karena asset paling berharga bagi keberlansungan hidup manusia adalah ku alitas manusia itu sendiri. Selain itu, perubahan bisa dicabai akibat dari proses panjang yang telah dilakukan. Sehingga peran generasi milenial sangatlah penting, kita mungkin tidak bisa membayangkan, jika generasi yang digadang-gadang berkapasitas rendah. Maka, kemunduran umat manusia akan lebih parah.

Dalam kehidupan bermasyarakat, generasi milenial memilki peran penting untuk kemajuan peradaban. Tertulis dalam perjalanan sejarah umat manusia bahwa perjuangan yang tak kenal lelah dapat menyatukan tujuan bersama. Oleh sebab itu, tidak dibenarkan generasi milenial memiliki ketergantungan terhadap aspek fisik, lingkungan dan lainnya. Untuk itu, meningkatkan kualitas diri diharuskan pada generasi milenial.

Bacaan Lainnya

Agar pembangunan SDM yang dilaksanakan oleh pemerintah lebih terarah dan memberikan hasil. Hal tersebut demi mendayagunakan generasi yang efektif bagi kehidupan seluruh bangsa Indonesia. Maka pembangunan yang dilaksanakan mengacu pada perencanaan yang terprogram secara bertahap. Dengan memperhatikan perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. (Baca: Malvani, Peran pemuda dalam pembangunan daerah).

Adapun tujuan diadakanya pembangunan yaitu utuk mengurangi kemiskinan dan memberdayakan manusia, Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, menciptakan lapangan kerja yang luas. Mengurangi ketimpangan pembangunan antara nasional,daerah serta warga pedesaan.

Dalam hal ini generasi milenial harus ikut serta mengawal kepemimpinan pemimpin muda yang mulai bermunculan di berbagai daerah. Di mana pembangunan berbagai sector harus dapat terealisasi dan berdampak pada masyarakat. Selanjutnya generasi milenial juga harus ikut mengawal pembangunan SDM. Agar betul-betul mendapatkan perhatian khusus, karena keberadaan generasi yang berkualitas dapat menentukan kemajuan pembangunan.

Selaku pemuda yang menyandang generasi emas dan agen perubahan. Semua generasi abad 21 harus ikut andil dalam mome. Karena kontribusi terbaik untuk kemajuan negara Indonesia sangat diharapkan oleh masyarakat luas. Mulai dari pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat, pendampingan anak putus sekolah, memberikan bantuan hukum dan mengentaskan kemiskinan.

Yang tidak kalah penting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengembangkan diri di era digitalisasi untuk kesejahteraan. Maka semua stakeholder harus bergerak bersama untuk mencapai cita-cita yang mulia. Tujuan akhir dari pada usaha tersebut adalah untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat. (*)

Pos terkait